• Cara Order

  • Arsip

  • Kategori

  • Klik tertinggi

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 15 pengikut lainnya.

  • Kepencet

Tanaman rambat dolar dolar ($)


Tanaman rambat dolar dolar ini sangat baik untuk menutup kesan keras sebuah dinding, sehingga jika dinding di rumah ataupun di kantor merasa terkesan kurang lembut maka segera tanam, tanaman hias dolar dolar ini. Contohnya pada dinding kantor saya bekerja. Tanaman ini sangat mudah tumbuh perawatannya juga tidak rumit sebulan 2 kali di pangkas

Klasifikasi

Kingdom : Plantae  (tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta   (berpembuluh)
Superdivisio : Spermatophyta   (menghasilkan biji)
Divisio : Magnoliophyta   (berbunga)
Kelas : Magnoliopsida   (berkeping dua / dikotil)
Sub-kelas : Dilleniidae
Ordo : Urticales
Familia : Moraceae (suku nangka-nangkaan)
Genus : Ficus
Spesies : Ficus pumila L.
37 Tanggapan

  1. Kami perlu bahan tanaman kacang dolar2 dimana mendptkannya

  2. Dimana anda berdomisili, berapa banyak yang dibutuhkan?

  3. assalamu’alaykum

    mas aji, salam kenal.saya mau baru nanam dolar dengan cara stek.tapi kok daunnya pada kering?apakah dolar butuh banyak air.terimakasih.

  4. pak, saya ingin menanam tanaman dolar2. saya tinggal di sidoarjo.dmn saya bisa memperoleh bibit nya.
    saya tunggu info nya.
    terima kasih

  5. mbak kalo untuk daerah Sidoarjo saya nggak tahu, tapi bisa di tanyakan ke penjual bunga, kadang nama tanaman ini biasa di sebut dolaran. Kalau di tempat saya buanyak mbak bibitnya. Bahkan di tanam di sepanjang pagar keliling pabrik ditempat saya bekerja.

  6. pak Aji, Saya tinggal di balikpapan. Ingin menanam tanaman dolar ini. Bagaimana cara dapat bibitnya dan cara menanamnya. mohon pencerahan.

  7. Pak Guritno, kalau ditempat saya bekerja dalam lingkungan pabrik banyak ditanam, karena di tanam di sepanjang pagar pabrik. Bapak bisa tanyakan Nursery daerah Balikpapan. Kalau saya kirim dari Pekanbaru bisa aja tapi takut layu, gimana pak butuh berapa?

  8. Pak, Mungkin terlalu jauh kalau dari sana.

    Kalau bibitnya apa ada yang jual ?

    Trus semisal Saya lihat di halaman tetangga, (dengan seijin pemiliknya) bagaimana cara mengambilnya agar tidak layu atau mati?

  9. saya tertarik tanaman ini karna saya sendiri hobby masalah garden
    7 landscaping.

  10. saya tertarik tanaman ini karna saya sendiri hobby masalah garden
    & landscaping.

  11. saya tinggal di surabaya tp saya sulit menemukan tanaman ini gmn ya solusinya???

  12. saya membutuhkan tanaman ini sekarang dan segera apakah bisa dibantu secepatnya terimakasih…..
    kira2 berapa ya hrg nya…?

    ditempat kami banyak tanaman ini, harga ditempat kami per polibag 7 ribu 5 ratus rupiah belum ongkos kirim

  13. kaau di daerah jakarta selatan, atau cibubur, atau bogor.. dimana yang jual bibitnya ya..

    thanks

  14. mau tanya dong kalo tanaman dolar-dolaran ini bisa ditanam langsung di tanah tidak ya?

  15. memang tanaman ini ditanam ditanah, lalu merambat sesuai perkembangannya merambat dinding.

  16. mas aji, saya sangat tertarik dengan tanaman dolaran ini, kebetulan saya sdng bangun rumah, rencananya dinding pagar akan saya tanam tanaman dolaran ini. rumah saya di daerah Bekasi, sudah lama saya cari informasi untuk memperoleh tanaman dolaran ini. kalau untuk daerah Bekasi dimana saya bisa dapat tanaman dolaran ini ? n berapa harganya ya ?

    Tolong mas aji saya tunggu informasinya. terima kasih
    =================================
    Maaf mas, saya nggak tahu untuk daerah Bekasi, tanaman ini cukup murah per polibag kisaran dibawah Rp. 5,000,-

  17. rumah saya sudah penuh di tumbuhi dengan bundolar pada setiap dindingnya, tampak asri dan adem di pandang mata. efek kedalam rumah juga menjadi sejuk dan lebih teduh. tapi ada hal yang merepotkan, walau saya sering memmangkasnya ternyata tumbuhan itu lebih cepat tumbuh dari yang saya bayangkan. rumah saya berlantai dua dan berhimpitan dengan dengan rumah tetangga. bagian atas tanaman tersebut sudah tinggi lebih dari 3 meter keatas dan sudah menyentuh dinding rumah tetangga. pertanyaan saya, bagaimana membendung laju pertumbuhan tanaman tsb agar tidak dapat menyentuh rumah tetangga krn pada ketinggian sperti itu saya sulit sekali menjangkaunya?, mohon informasinya selengkapnya, karena hal ini sudah mulai menjengkelkan diri saya

  18. pak saya lagi nyari bibit dolar 20 polybag,bisa bantu saya untuk mendapatkanya,posisi saya di kota banjar jawa-barat.terima kasih

  19. pak saya sedang mencari bibit dolaran kalau di Bogor di mana yah ? Terus per polybag berapa ?

  20. Pak, saya di Pekanbaru, mohon info dimana saya bisa mendapatkan tanaman hias dolar dolar ini.
    Terima kasih.

    Bapak bisa tanya ke penjual bunga sekitar MTQ dan Jl. Arifin Ahmad

  21. saya di muara Bungo Jambi, mau beli bibit dolaran ini, berapa ya harganya dan cara tanamnya gimana, mau saya tanam pada tembok pagar saya yg panjangnya sekitar 75 m dan tinggi 2 m, berapa bibit yg dibutuhkan ?

    Bibit dolaran kalau di Pekanbaru sekitar MTQ dan Jl. Arifin Ahmad, harganya cukup murah kisaran Rp. 1.500 – 3.000, Cara tanamnya sama dengan menanam pohon/tanaman pada umumnya jarak tanam kisan 20 cm per polibag, usahakan dekat dinding sehingga pada awal pertumbuhannya segera menempel ke dinding

  22. Bapak bisa tanyakan ke penjual bunga sekitar MTQ atau Jl. Arifin Ahmad

  23. Bibit dolaran kalau di Pekanbaru sekitar MTQ dan Jl. Arifin Ahmad, harganya cukup murah kisaran Rp. 1.500 – 3.000, Cara tanamnya sama dengan menanam pohon/tanaman pada umumnya jarak tanam kisan 20 cm per polibag, usahakan dekat dinding sehingga pada awal pertumbuhannya segera menempel ke dinding

  24. treatment apa yang harus dilakukan pd dinding (agar dinding tidak melapuk dan rembes air) sebelum menanam tanaman rambat? kebetulan saya berencana membangun rumah kecil dan sebagian dindingnya akan saya jadikan media rambat tanaman.

    terima kasih pak.

  25. Pengalaman yang telah kami alami bahwa tanaman ini tidak menyebabkan pelapukan pada dinding ataupun menyebabkan perembesan. Karena support makanan keseluruh bagian tanaman (dahan, daun) semuanya berasal akar yang berada dibawah / ditanah. Sedangkan akar yang di dinding hanya sebagai perekat.
    Sebaiknya dinding jangan di aci / dibuat halus.

  26. kalo dinding sudah terlanjur di cat gimana solusinya? pdhal sy ingin menanam di slrh dinding eksterior rumah saya..

    Nggak menjadi masalah untuk tanaman ini karena dengan dinding yang telah dicat minyak masih tetap merambat, saya sarankan agar dalam awal pertumbuhannya batangnya dilengketkan dengan dibantu dengan Isolasi atau klem kabel, semoga dapat membantu……..

  27. Mohon info, dimana bisa membeli tanaman ‘dolar dolaran’ serta bgmna cara menanam dan merambatkan ke tembok. Tk

  28. terima kasih atas informasinya pak. tapi saya mau tanya butuh waktu berapa lama tanaman tersebut dapat menutupi dinding per 1 m2 ? dan bagaimana perawatannya yang baik agar merambat dengan teratur ? thx.

  29. Untuk pertumbuhan tanaman sebetulnya banyak faktornya, namun umumnya jika tanahnya subur dan dilakukan pemupukan secara rutin maka tidak sampai 5 bulan sudah tinggi merayap/menempel untuk per 1 meter. Agar teratur dan kokoh dalam menempel maka pada awal pertumbuhan perlu dibantu dengan clip kabel pada batangnya agar tidal lekang / lepas, semoga dapat membantu…

  30. caral budidaya dolar gmn pak?terima kasih.

    Pakai stek bisa, bji bisa dan kultur jaringan jg bisa

  31. taneman ini tahan sama panas matahari gak???
    soalnya tembok rumah langsung kena panas matahari,,
    diharapkan taneman ini bisa ngredam panas,,

    terimakasih

  32. Bisa Sekali,,,,

  33. apakah dolar bisa merambat di kawat ram ? karena dinding tembok saya halus.

  34. Bisa,,,,

  35. saya di mataram lombok NTB untuk beli dimana?

  36. maaf di mataram saya gak tau bro

  37. kalo di kalimantan tengah dimana bisa dapat bibit dolar ya Pak?

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

